Windows 8 Developer Preview

Baru-baru ini Microsoft memperkenalkan Sistem Operasi Windows 8. Hal itu disampaikan oleh Steven Sinofsky president of Windows and Windows Live, dan Michael Angiulo, Corporate vice president of Windows Planning, Hardware & PC Ecosystem, mendemonstrasikan Windows 8 pada konferensi BUILD di Anaheim, California, Selasa (13/9/2011).


Presiden Divisi Windows Microsoft, Stefen Sinofsky menyebut Windows 8 sebagai perubahan besar yang pernah dilakukan Microsoft setelah Windows 95. "Rasanya seperti sistem yang berbeda," kata Sinofsky yang sebelumnya sudah berpengalaman memimpin pengembangan Windows 7. "Cepat, luwes, segar, dan penuh energi," ujarnya. Dalam presentasinya, ia menjelaskan bahwa Windows 8 memang akan menawarkan pengalaman baru dibanding sistem operasi sebelumnya yang mendukung penuh fitur layar sentuh dan bisa digunakan di semua jenis perangkat baik PC maupun tablet.

Dari sisi tampilan, sistem operasi ini menyajikan menu yang segar seperti Windows Phone 7. Layar pertama langsung menyajikan kumpulan informasi dari aplikasi-aplikasi yang sedang dipakai dan menu yang disusun rapi dengan desain yang disebut Metro. Dari menu awal, penggunannya juga bisa langsung mengakses daftar teman dalam jejaring sosialnya dan menu-menu favorit cukup menggeser layar dengan sentuhan jari.

Software ini juga mendukung berbagai platform hardware. Tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya yang hanya mendukung arsitektur prosesor x86, Windows 8 juga mendukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet umumnya. Bentuk perangkatnya pun bisa jauh lebih ramping dan tipis serta bakal punya daya tahan baterai lebih lama.

Sinofsky memastikan bahwa semua software yang berjalan di Windows 7 akan juga bisa dipakai pada Windows 8. Sedikit berbeda adalah dalam hal pendekatan pengguna untuk mengakses beberapa jenis aplikasi. Kalau sistem operasi sebelumnya memaksa pengguna selalu membuka aplikasi satu demi satu, pada Windows 8 kolaborasi antaraplikasi mulai diterapkan. Misalnya lewat fitur yang memungkinkan pengguna mengakses informasi email, Twitter, dan jejaring sosial dalam satu tampilan.

Saat ini, Windows 8 memang baru diperkenalkan untuk para pengembang karena baru versi developer preview. Belum ada kepastian kapan software ini akan mulai didistribusikan ke pasar. Masih harus melalui tahap beta, release candidate, dan release to manufacturing, sebelum didistribusikan. "Kami pastikan dulu kualitasnya dan tidak tergantung pada tenggat waktu," ujar Sinofsky.



Jika ingin mencoba Windows 8 Developer Preview, microsoft telah menyediakan 3 Versi Windows yang dapat diunduh, yaitu Windows 64-bit yang dilengkapi dengan tool untuk para developer berukuran 4,8 GB, Windows 64-bit, berukuran 3,6 GB, dan Windows 32-bit dengan ukuran 2,8 GB. User harus mengkopi terlebih dahulu ke DVD atau flash disk untuk instal ke PC.

Versi Preview ini membutuhkan spesifikasi minimal RAM 1 GB (2GB untuk versi 64-bit) dan harddisk kosong 16 GB (20 GB untuk versi 64-bit). Microsoft sendiri memperingatkan preview tersebut belum stabil dan masih banyak bug, yang artinya masih jauh dari sempurna dan dalam tahap pengembangan kualitas.

Here Link For Download :

Windows Developer Preview with developer tools English (64-bit)
(4.8 GB)
Windows Developer Preview English (64-bit)
(3.6 GB)
Windows Developer Preview English (32-bit)
(2.8 GB)

0 komentar: